Selasa, 12 April 2016

Kendala Komplain via Chat YM

Aplikasi Chat Yahoo! Messenger adalah aplikasi yang sangat familiar di dunia bisnis pulsa. Selain dimanfaatkan sebagai jalur transaksi, Chat YM juga digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan/supplier. Namun seperti yang kita ketahui penggunaan Chat YM terlebih untuk komunikasi seringkali menimbulkan masalah baru. Diantaranya adalah sbb:

MENIMBULKAN FITNAH DAN KESALAHPAHAMAN.

Pernahkah kita chat via YM namun tidak direspon meski sudah kita BUZZ! berkali-kali? Setelah kita telepon lawan chat kita tersebut dia bersikukuh sudah membalas Chat kita, atau malah mungkin bersikeras mengatakan tidak ada chat masuk.

Kejadian seperti ini bukan hanya terjadi sekali dua kali atau dialami oleh satu - dua orang saja, tapi sudah menjadi fenomena umum terutama di bisnis pulsa.

Meski sudah kita ganti dengan koneksi internet paling handal sekalipun kejadian ini akan tetap ada. Dan jika dibiarkan bisa menyebabkan kesalahpahaman antara kita dengan pelanggan/mitra. Kita bersikeras sudah menjawab chat namun mitra kita bersikeras bahwa chatnya tidak mendapat respon.

Sepengetahuan kami masalah YM TIDAK BISA MENERIMA CHAT seperti di atas adalah karena sbb:

  • YM tidak ada di daftar kontak.
    Meski lawan chat kita sudah terlihat online kuning namun kadang lawan chat kita melihat YM kita masih add request pending atau offine berwarna abu-abu. Karena masih abu-abu (add request pending) maka oleh Yahoo pesan yang masuk kadang dianggap sebagai SPAM dan tidak bisa terkirim/diterima.
MEMBUANG REJEKI

Banyak kontak banyak rejeki, pepatah ini sangat familiar di bisnis pulsa H2H. Resminya jumlah kontak yang bisa kita add / tambah adalah 1.000 kontak YM per akun. Namun kenyataanya belum sampai 1.000 sudah tidak bisa menambah kontak lagi karena sudah penuh. 

Dan terpaksa kita harus menghapus beberapa YM terlebih dahulu sebelum bisa menambah kontak YM yang baru. Sayang sekali bukan membuang kontak sama saja membuang rejeki. Karena bagi pemain server H2H banyak kontak artinya banyak relasi, banyak relasi artinya banyak rejeki.

Bahkan kadang dengan akun YM yang baru dibuat dan masih berisi 20-an kontak saja sudah tidak bisa lagi melakukan penambahan kontak. Entah alasannya apa, yang jelas kontak belum penuh. Tapi sudah tidak bisa menambah kontak lagi.

Padahal jika lawan chat tidak ada dalam daftar kontak kita, kemungkinan besar pesan akan tidak diterima karena dianggap SPAM oleh Yahoo seperti yang dibahas di atas. Dan akan terjadi kesalahpahaman yang membuat agen-agen kita lari.

MENAMBAH YM CS BUKAN SOLUSI DAN TIDAK EFEKTIF

Seiring meningkatnya jumlah transaksi biasanya juga diikuti dengan meningkatnya jumlah komplain. Untuk mempercepat proses menjawab komplain biasanya kita akan berfikir untuk menambah CS YM. 

Tapi sebenarnya menambah CS YM adalah cara yang kurang efektif. Selain dikarenakan 2 masalah di atas, juga dikarena mitra H2H biasanya melakukan komplain dengan cara broadcast ke semua YM CS. Lho kenapa jadi masalah?

Jika kita punya 10 orang CS YM dan ada 1 agen yang komplain dengan cara broadcast, maka 10 orang CS YM kita akan menerima chat komplain tsb dan 10 CS YM akan memproses komplain yang sama. 

Padahal dengan menambah CS yang kita inginkan adalah 1 CS mengerjakan komplain si A, sedangkan CS lain mengerjakan komplain si B, dst. Yang terjadi malah semua CS mengerjakan komplain si A saja karena si A melakukan komplain dengan cara broadcast ke semua CS.

Itu baru 1 agen yang melakukan komplain dengan cara broadcast, padahal kebiasan umum yang dilakukan server h2h saat komplain adalah dengan cara broadcast ke semua YM CS.

SOLUSI

Ada beberapa solusi yang sudah kami coba dan terbukti bisa meringankan kendala-kendala di atas. Diantaranya.

MEMASTIKAN YM SUDAH MENYALA KUNING.

Terutama saat mendaftarkan supplier/agen H2H baru. Tentunya kita akan melakukan penambahan kontak YM mereka, Pastikan di sisi kita YM agen tsb sudah menyala kuning.

Tanyakan juga ke agen tsb apakah YM kita sudah menyala kuning? jika belum minta kepada agen tsb untuk menghapus YM kita dulu kemudian minta dia untuk melakukan add ulang. Biasanya akan langsung menyala kuning.

Sebaliknya jika Agen bilang ym kita sudah menyala kuning tapi kita liat YM agen tsb masih tampak abu-abu atau add request pending, maka kita perlu menghapus dulu YM agen tsb lalu kita add ulang.

Karena jika salah satu YM kita atau YM lawan chat kita masih terlihat abu-abu (add request pending) kemungkinan chat dari salah satu pihak akan dianggap SPAM oleh yahoo dan tidak bisa terkirim.

MEMAKAI JALUR KOMPLAIN LAIN SELAIN YM

Bagaimana dengan jalur chat via Whatsapp? meski mudah karena Whatsapp bisa online di browser desktop, namun tetap saja agen ada yang tidak memilikik whatsapp. Artinya sebagian chat akan kita tangani melalui whatsapp dan sebagian komplain tetap melalui YM. 

Cara ini malah tidak efektif. karena memecah jalur komplain menjadi dua. Pada akhirnya komplain via Whatsapp akan terbengkalai. Demikian juga dengan komplain via BB atau media chat lain.

Belum lagi jika kita butuh broadcast harga promo, karena Whatsapp agak ribet dalam hal broadcast. Via BB pun juga kurang efektif karena pemain server umumnya jarang membuka BB (karena malas banyak broadcast dan menghapusnya susah harus satu-satu), Dan jika ada broadcast di BB umumnya akan langsung ditutup.

MENGGUNAKAN TAWK.TO

Tapi masih ada satu cara yang layak untuk dicoba. yaitu Tawk.to yang bisa dilihat di mpulsaserver.com di menu CS Online. 

KENAPA MEMILIH MPULSA?




MINIM GANGGUAN INTERNET ATAU LISTRIK

Koneksi internet Utama M-Pulsa menggunakan standar koneksi internet yang digunakan oleh PERBANKAN.

Sehingga jarang ditemukan kasus DOWNTIME (internet putus). Jika koneksi internet utama putus (down) MPULSA akan melakukan backup koneksi menggunakan koneksi internet cadangan.

Ditambah genset untuk backup listrik sebagai upaya kami dalam menghadirkan kenyamanan bertransaksi tanpa gangguan internet.

*) Tabel Service Uptime di atas ditampilkan secara REAL TIME. Pengecekan dilakukan otomatis setiap 5 menit. Angka 100% artinya dalam 1 hari tidak ditemukan kasus koneksi internet down (putus)




DIPERCAYA OLEH 40.000 AGEN PULSA

MPULSA sudah berpengalaman dalam mengelola bisnis pulsa sejak 2004. Dan lebih dari 40.000 Agen Pulsa (Retail dan H2H) mempercayakan saldo pulsa mereka pada MPulsa.

Jika mencari supplier H2H Pulsa Murah dan Terpercaya silahkan klik tombol di bawah untuk melihat daftar harga H2H kami.

M-PULSA © 2014 - Designed by Templateism.com , Plugins By MyBloggerLab.com